RSS

Inilah Tiga Skenario Rekrutmen Guru Baru Kemendiknas

18 Mar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Kementerian Pendidikan Nasional mulai 2011 ‎menyiapkan tiga skenario rekrutmen guru baru masing-masing untuk jangka pendek, ‎menengah, dan panjang yang ditujukan memenuhi kebutuhan guru yang pensiun, guru bidang ‎studi baru, dan kebutuhan daerah baru. “Untuk mengatasi kebutuhan guru jangka pendek ‎dengan merekrut lulusan S1/D4 yang berminat menjadi guru,” kata Mendiknas Mohammad ‎Nuh usai membuka Seminar Guru Nasional 2010 di Kemdiknas, Jakarta, Selasa.

Hadir pada seminar Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal, Direktur Jenderal ‎Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemdiknas Baedhowi, Direktur ‎Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas Djoko Santoso, Direktur Jenderal Pendidikan ‎Nonformal dan Informal Kemdiknas Hamid Muhammad, dan Ketua Umum Pengurus Besar ‎PGRI Sulistiyo.

Sebelum mengajar, kata Mendiknas, mereka terlebih dahulu mengikuti pendidikan profesi ‎selama dua semester atau satu tahun. “Kebutuhan guru selalu ada tiap tahun. Oleh karena itu, ‎tidak mungkin mengandalkan dari awal, sehingga kita siapkan yang baru lulus,” katanya.

Guu-guru yang baru ini, kata Mendiknas, kalau tidak disiapkan pendidikan profesinya akan ‎menjadi beban. “Oleh karena itu, mulai tahun 2011 Kemdiknas akan merintis pendidikan ‎profesi bekerja sama dengan Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK),” katanya.

Adapun untuk mengatasi kebutuhan guru pada jangka menengah, pemerintah akan ‎memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang duduk di semester 5 atau 6. Mereka yang ‎berminat menjadi guru ditawarkan untuk pindah jalur, sehingga begitu lulus sudah tidak perlu ‎lagi mengikuti pendidikan profesi satu tahun. “Jadi pendidikan profesi embedded, sudah ‎melekat di situ,” katanya.

Sementara, lanjut Mendiknas, untuk mengatasi kebutuhan guru pada jangka panjang melalui ‎pendidikan sarjana. Pendidikan ini disiapkan bagi lulusan sekolah menengah atas, sekolah ‎menengah kejuruan, atau madrasah aliyah selama empat atau lima tahun.

Layaknya seperti pendidikan kedokteran, kata Mendiknas, mereka yang masuk di fakultas ‎kedokteran, 99 persen ingin menjadi dokter. “Guru nanti juga begitu. Masuk di LPTK ‎‎(Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan) atau jurusan lain memang mau menjadi guru,” ‎katanya.

Mendiknas menyampaikan mulai 2011 akan merintis delapan LPTK di perguruan tinggi untuk ‎menyiapkan pendidikan bagi calon guru. Pada tahap awal, direncanakan merekrut 1.000 ‎lulusan SMA/SMK/MA untuk dididik selama 4-5 tahun. Selama mengikuti pendidikan, ‎mereka akan diasramakan. “Sekarang kita lengkapi asramanya khusus bagi calon guru,” ‎ujarnya.‎

Red: Siwi Tri Puji B
Sumber: Ant

Sumber : Republika OnLine, Selasa, 23 November 2010

Source URL :http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/10/11/23/148403-inilah-tiga-skenario-‎rekrutmen-guru-baru-kemendiknas

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: